DECEMBER 9, 2022
Olahraga

NBA Jalin Kesepakatan Televisi Jangka Panjang dengan Disney, NBC, dan Amazon Bergabung Mulai 2025

image
NBA menandatangani kesepakatan Televisi dengan ESPN, NBC Sports, dan Amazon Prime Video. (NBA)

ENTERTAINMENTABC.COM - NBA telah mengumumkan kesepakatan kerja sama televisi jangka panjang yang baru dengan beberapa mitra besar, yang akan membawa pertandingan NBA ke platform-platform utama dimulai tahun 2025 hingga 2036.

DIkutitp dari Hollywood Reporter, kesepakatan NBA  mencakup beberapa pengaturan yang signifikan dalam industri televisi dan streaming.

Disney, melalui ESPN dan The Walt Disney Co., akan terus menjadi mitra utama NBA untuk paket “A”, yang mencakup Final NBA. Kesepakatan ini dilaporkan bernilai sekitar 2,6 miliar dolar AS per tahun, atau sekitar Rp42,3 triliun.

Selain itu, NBC Sports dari NBCUniversal akan menjadi mitra baru NBA untuk paket “B” dengan nilai sekitar 2,5 miliar dolar AS per tahun, atau sekitar Rp40,6 triliun.

Amazon Prime Video juga masuk sebagai mitra baru untuk paket “C” dengan kesepakatan senilai sekitar 1,8 miliar dolar AS per tahun, atau sekitar Rp29,2 triliun.

Kesepakatan ini menandai langkah besar bagi NBA dalam memperluas jangkauan dan aksesibilitas pertandingan mereka di era digital.

Dengan melibatkan platform-platform besar seperti Disney, NBC, dan Amazon, NBA berharap untuk memperkuat posisinya tidak hanya di pasar domestik Amerika Serikat tetapi juga secara global melalui layanan streaming.

“Perjanjian media global baru kami dengan Disney, NBCUniversal dan Amazon akan memaksimalkan jangkauan dan aksesibilitas pertandingan NBA bagi para penggemar di Amerika Serikat dan seluruh dunia,” kata komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

“Mitra-mitra ini akan mendistribusikan konten kami ke berbagai platform dan membantu mengubah pengalaman penggemar selama dekade berikutnya,” tambahnya.

Kesepakatan baru ini akan membuat ABC dan ESPN menyiarkan lebih dari 80 pertandingan musim reguler, serta 18 pertandingan playoff, dan ABC juga akan menjadi rumah eksklusif Final NBA.

ESPN juga telah mendapatkan hak untuk menyiarkan semua pertandingan NBA pada layanan streaming “unggulan” yang akan datang tahun depan, dan akan dapat melakukan streaming pertandingan NBA tertentu di pasar internasional melalui Disney+.

Disney mengatakan bahwa mereka juga akan menambahkan lebih banyak program studio, dan bermitra dengan NBA untuk membuat “konten khusus” dalam kemitraan dengan Marvel Studios, dengan NBA juga mendapatkan kehadiran khusus di Walt Disney World.

Kesepakatan NBC mencakup 100 pertandingan musim reguler nasional yang dibagi antara NBC dan Peacock, serangkaian pertandingan pascamusim, dan NBA All Star Game.

Adapun kesepakatan NBCU mencakup NBC, Peacock, Telemundo, dan Sky.

NBC juga akan menayangkan pertandingan Bola Basket AS menjelang Olimpiade, dan akan membawakan kembali musik tema ikonik “Roundball Rock”, yang dibuat oleh John Tesh.

Kesepakatan Amazon Prime Video mencakup 66 pertandingan musim reguler, sejumlah pertandingan pascamusim, satu pertandingan Black Friday NBA (yang akan melengkapi adalah pertandingan Black Friday NFL).

Prime Video juga mengamankan semua pertandingan dari Babak Knockout Piala NBA Emirates, termasuk Semifinal dan Final turnamen dalam musim, dan liputan eksklusif dari setiap pertandingan Turnamen Play-In SoFi NBA pascamusim.***

Berita Terkait