DECEMBER 9, 2022
Movie

Hanung Bramantyo Angkat Mitos Dukun Seksual dalam Film Gowok Kamasutra Jawa, ada Reza Rahadian

image
Hanung Bramantyo dan Reza Rahadian dalam film Gowok Kamasutra Jawa.(Istimewa)

ENTERTAINMENTABC.COM - Sutradara Hanung Bramantyo sedang menggarap proyek film terbarunya Gowok Kamasutra Jawa yang mengangkat kisah mengenai fenomena dukun seksual dalam masyarakat Jawa.

Hanung menjelaskan tema cerita dari film ini mengambil referensi dari salah satu naskah dalam kesusastraan Jawa berjudul Serat Centhini. Film Gowok Kamasutra Jawa menonjolkan aspek pendidikan seksual yang menjadi salah satu bahasan dalam naskah tersebut.

"Jadi kalau dibilang bahwa ini film tentang (Serat) Centhini iya, tapi bukan soal Centhini-nya seutuhnya. Kita ambil part ketika mengajarkan soal pendidikan seksual," kata Hanung Bramantyo.

Baca Juga: Terungkap Inilah Alasan Reza Rahadian, Laura Basuki, dan Chicco Jerikho mau Main Film Heartbreak Motel

Hanung menjelaskan keberadaan dukun seksual yang disebut sebagai Gowok sudah ada sejak tahun 1400-an.

"Jadi era 1400-an gitu, Laksamana Cheng Ho itu punya hubungan dengan raja-raja Jawa dan dia membawa seorang perempuan bernama Goo Wok Niang, itu bertugas mengajari para bangsawan terutama raja," kata Hanung.

Pada saat itu raja kan istrinya banyak, nggak cuman empat ada yang 10 bahkan 12, nah gowok ini mengajari si raja ini memuaskan perempuan, paparnya menambahkan.

Baca Juga: TOTALITAS! Reza Rahadian Belajar Ngapak Demi Film Terbaru Gowok Kamasutra Jawa

Melalui film Gowok Kamasutra Jawa, Hanung ingin menyampaikan peran suami perihal kepuasan dalam hubungan suami-istri yang bisa berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga.

"Buat saya ini make sense dan ini gak pernah diinformasikan oleh masyarakat luas," katanya.

Film Gowok Kamasutra Jawa dibintangi oleh Reza Rahadian, Raihaanun, Lola Amaria, Ali Fikry, Nayla Purnama, dan lainnya.

Film yang digarap Hanung bersama rumah produksi MVP Pictures ini dijadwalkan bakal tayang di bioskop pada tahun 2025 mendatang.***

Sumber: Antara

Berita Terkait