DECEMBER 9, 2022
News

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia: Pertemuan Diplomasi dan Spiritual 

image
Paus Fransiskus memberkati sebuah keluarga di halaman Basilika Santo Petrus. (Instagram/@gerejakatolikindonesia)

ENTERTAINMENTABC.COM - Paus Fransiskus sedang berkunjung ke Indonesia sejak tanggal 3 sampai 6 September 2024 dalam perjalanan apostolik ke Asia Pasifik.

Adapun kunjungan Paus Fransiskus mencakup pertemuan dengan berbagai pihak dan juga akan menggelar Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Pada kunjungannya ke Asia Pasifik selama sepuluh hari atau tepatnya 3 sampai 13 September 2024 menjadi jadwal kunjungan terlama Paus Fransiskus semenjak awal kepemimpinannya.

Baca Juga: Lomba Esai untuk Lukisan Paus Mencuci Kaki Rakyat Indonesia

Namun, terpilihnya Indonesia sebagai negara pertama dalam kunjungan tersebut dinilai cukup menarik dikarenakan Indonesia adalah negara dengan mayoritas umat islam dan sekitar 8,5 juta jiwa saja yang diantaranya adalah Katolik.

Oleh karena itu, sebagai kepala negara Vatikan, Paus Fransiskus akan disambut di istana merdeka dengan upacara penyambutan tamu negara dilanjutkan dengan pembicaraan bilateral dengan presiden Joko Widodo untuk memperkokoh hubungan diplomatik.

Selain itu, Paus Fransiskus dijadwalkan menemui para tokoh antar umat beragama yang bertempat di masjid Istiqlal untuk menjalin kebersamaan dan memperkuat toleransi antar umat beragama.

Baca Juga: Lukisan Denny JA Paus Fransiskus yang Memukau dan Menginspirasi di Galeri Nasional

Kemudian, dilaksanakannya Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno yang akan dipimpin oleh Paus Fransiskus yang diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan umat katolik dalam pelaksanaannya.

Seperti yang disampaikan oleh Romo Thomas Ulun Ismoyo sebagai juru bicara panitia kunjungan Paus menyampaikan bahwa jika umat katolik yang ingin mengikuti Misa Akbar diharapkan untuk menghubungi Keuskupannya masing-masing di wilayahnya.

Selanjutnya, setelah selesai kunjungan Paus ke Indonesia akan langsung bertolak menuju Port Moresby untuk melanjutkan agenda perjalanan apostolik ke Asia Pasifik.***

Baca Juga: 3 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta dan Spirit Keberagaman

Penulis: Atthoriq Aziz

Berita Terkait