DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Kenali Sejarah dan Perkembangan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

image
UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menjadi saksi bisu perjuangan umat Islam pada masa awal kemerdekaan. (Dok. syekhnurjati.ac.id)

ENTERTAINMENTABC.COM - UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang terletak di Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Terkenal dengan kampus yang bernuansa hijau, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon terletak di Jalan Perjuangan dan memiliki banyak pilihan fakultas seperti Dakwah, Pendidikan, Ekonomi, dan Penyiaran.

Mengutip situs resmi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, sejarah berdirinya lembaga pendidikan tinggi islam ini tidak lepas dari keadaan sosial politik di Indonesia pada awal tahun 1960-an. 

Baca Juga: Apa saja Jalur Masuk UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon? Simak Penjelasannya 

Periode ini ditandai dengan meningkatnya pengaruh paham komunis yang mendorong umat Islam untuk memperkuat posisi mereka terutama dalam bidang pendidikan. 

Pada saat itu, Umat Islam di Cirebon menyadari perlunya lembaga pendidikan tinggi Islam sebagai media perjuangan dan pembelajaran para sarjana Muslim yang dapat melanjutkan studi serta mempertahankan keyakinan agamanya.

Dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut, sebuah forum bernama Islamic Study Club (ISC) Cirebon yang terdiri dari para aktivis Muslim mendirikan Universitas Islam Syarif Hidayatullah (UNISHA) di bawah Yayasan Pendidikan Tinggi Islam Syarif Hidayatullah yang memiliki tiga fakultas yaitu Pendidikan, Hukum dan Ekonomi.

Baca Juga: Pusing Ambil Jurusan di UIN Cirebon Siber Syekh Nurjati Cirebon? Inilah Daftar Lengkap Fakultas dan Program Studinya

Selanjutnya pada 12 Agustus 1965, fakultas Agama dari UNISHA secara resmi merubah namanya menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN 'Al-Jami'ah' Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon.

Sementara itu, dua fakultas lainnya yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi menjadi cabang Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta kemudian diperingati sebagai hari jadi UIN SSC.

Seiring dengan perkembangan kebijakan pemerintah tentang pendidikan nasional, pada tahun 1967 UIN SSC membuka fakultas baru yaitu fakultas Ushuluddin. 

Baca Juga: Tips dan Trik Jago Public Speaking Ala Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon 

Namun, fakultas ini harus ditutup pada 1974 sebagai bagian dari rasionalisasi kebijakan pemerintah. 

Selanjutnya, perubahan struktur pendidikan berlanjut pada 15 Maret 1976 saat Fakultas Tarbiyah UIN Cirebon dialihkan ke bawah naungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Perkembangan dari Universitas Cirebon ini terjadi secara signifikan pada tahun 1997 ketika UIN Cirebon beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11/1997. 

Baca Juga: Tips Menulis Catatan Kuliah Ala Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon 

Status STAIN ini bertahan hingga 2009 ketika melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2009, STAIN Cirebon berubah menjadi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Akhirnya, pada tanggal 13 September 2023 nama UIN SSC berhasil ditetapkan melalui surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/84/M.KT.01/2023 tanggal 27 Juli 2023 tentang Permohonan Harmonisasi Rancangan Peraturan Presiden tentang Universitas Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon dan menjadi Universitas Siber Pertama di Indonesia.

Dengan demikian, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menjadi salah satu saksi bisu perjuangan umat Islam di Indonesia untuk memperkuat posisi mereka dalam dunia pendidikan. 

Baca Juga: Mengenal Salah Satu Unit Kegiatan Mahasiswa Hay’atu Tahfidzil Qur’an di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Dari Fakultas Tarbiyah hingga adanya beberapa perubahan status sampai menjadi UIN, kampus ini terus berkomitmen dalam mendidik generasi penerus yang siap menghadapi perkembangan dunia yang semakin pesat.

Adanya berbagai macam pilihan fakultas dan program studi yang ditawarkan, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon memainkan peran penting sebagai pusat pendidikan tinggi Islam yang terkenal di kawasan Cirebon.***

Penulis: Atthoriq Aziz

Berita Terkait