DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Latihan Triatlon Perdana Olimpiade Paris 2024 Dibatalkan Karena Polusi di Sungai Seine

image
 Panitia Pelaksana Olimpiade Paris 2024 membatalkan latihan triatlon di Sungai Seine.

ENTERTAINMENTABC.COM - Panitia Pelaksana Olimpiade Paris 2024 mengumumkan pembatalan latihan triatlon perdana yang seharusnya diadakan pada Minggu ini.

Keputusan ini diambil setelah melakukan pertemuan yang membahas kualitas air di Sungai Seine dan hasil pengujian terbaru.

Sungai Seine, yang sebelumnya dinyatakan cukup bersih untuk berenang dalam sejumlah pengujian yang dilakukan mulai pertengahan Juli, kini menghadapi keraguan mengenai kelayakan airnya sebagai lokasi kompetisi.

Panitia Olimpiade Paris dan World Triathlon memutuskan untuk membatalkan sesi orientasi bagian renang dalam triatlon untuk memastikan keselamatan para atlet.

Meskipun air Sungai Seine telah melewati beberapa pengujian awal, kekhawatiran mengenai potensi polusi yang mungkin mempengaruhi kualitas air tetap ada.

Keputusan ini mencerminkan perhatian panitia terhadap kesehatan dan keselamatan peserta, serta komitmen untuk menjaga standar tinggi dalam persiapan Olimpiade.

“Paris 2024 dan World Triathon menegaskan kembali bahwa prioritas utama adalah kesehatan para atlet. Analisa yang dilakukan kemarin di Sungai Seine memperlihatkan bahwa level kualitas air tidak menghadirkan jaminan yang layak untuk membuat ajang tersebut dapat diselenggarakan,” demikian bunyi pernyataan bersama tersebut seperti dikutip dari AFP.

Panitia penyelenggara menyalahkan hujan yang terjadi beberapa hari terakhir sebagai penyebab situasi polusi tersebut, dan menyatakan bahwa pihaknya yakin kualitas air akan membaik sebelum kompetisi triatlon dimulai pada 30 Juli.

Saat terjadi hujan deras, limbah yang tidak tertangani dapat masuk ke dalam aliran sungai.

Jika kualitas air berada di bawah standar, maka “Rencana B” yang mencakup penundaan ajang selama beberapa hari atau memindahkan renang maraton ke Vaires-sur-Marne berpeluang diterapkan.

Pada 17 Juli, Walikota Paris Anne Hidalgo bersama Ketua Panpel Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet berenang di Sungai Seine, sebagai promosi bahwa sungai tersebut layak menjadi tuan rumah Olimpiade.***
 

Berita Terkait