DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Rekor Dunia Dilanggar Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono Gemilang di Kualifikasi Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

image
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo . (Antara)

ENTERTAINMENTABC.COM - Dua atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo, memukau di kualifikasi babak penyisihan unggulan nomor speed Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Le Bourget Climbing Venue pada Selasa malam WIB.

Adapun Rahmad Adi Mulyono memulai aksi melawan Joshua Bruyns dari Afrika Selatan.

Rahmad Adi Mulyono mengalahkan lawannya dengan waktu 5,07 detik sementara Joshua mencatatkan 6,18 detik.

Veddriq Leonardo, atlet lainnya, melawan Bassa Mawem dari Prancis dan juga mencetak waktu impresif, 4,92 detik, melawan Bassa yang mencatatkan 5,182 detik.

Namun, Rahmad mengalami kendala pada percobaan kedua.

Dia dinyatakan melakukan false start (FS) saat mencoba jalur A.

Berbeda dengan Rahmad, Veddriq tampil sangat memukau di percobaan keduanya.

Atlet asal Surabaya ini memecahkan rekor dunia dengan waktu 4,79 detik, menyamai catatan Sam Watson dari Amerika Serikat pada 12 April 2024 di Wujiang.

Veddriq juga melampaui rekor Olimpiade sebelumnya yang dicatat oleh Bassa Mawem di Tokyo 2020 dengan waktu 5,45 detik.

Kualifikasi kali ini terdiri dari dua tahap: penyisihan unggulan dan penyisihan eliminasi.

Total 14 atlet bersaing dalam kategori putri, dan catatan waktu dari babak penyisihan ini akan memengaruhi peringkat di penyisihan eliminasi.

Peringkat pada babak penyisihan akan menentukan lawan di babak eliminasi, di mana peringkat pertama akan bertanding melawan peringkat ke-14, peringkat kedua melawan peringkat ke-13, dan seterusnya.

Indonesia menurunkan empat atlet untuk nomor speed di Olimpiade Paris 2024, termasuk Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono di kategori putra, serta Rajiah Salsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi di kategori putri.***

Berita Terkait