DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Pelatih Panjat Tebing Indonesia Ungkap Strategi Rahasia Setelah Emas Olimpiade Paris 2024, Apa Rencana Selanjutnya?

image
Veddriq Leonardo meraih medali emas Olimpiade paris 2024. (Antara)

ENTERTAINMENTABC.COM - Pelatih tim panjat tebing Indonesia, Hendra Basir, baru-baru ini mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian gemilang Veddriq Leonardo yang berhasil merebut medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Kemenangan medali emas di Olimpiade Paris 2024 tidak hanya menambah kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga menjadi momentum penting untuk langkah selanjutnya.

Namun, Hendra Basir menekankan bahwa meskipun euforia kemenangan Olimpiade Paris 2024 masih terasa, fokus kini harus bergeser ke tujuan berikutnya.

Setelah Olimpiade Paris 2024, semua atlet kembali memusatkan perhatian pada persiapan untuk dua agenda besar PON XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara dan Asian Games Aichi-Nagoya 2026.

Hendra Basir juga membagikan rencana tim pelatih untuk masa depan.

Ia menyatakan bahwa tim akan segera memulai persiapan untuk menghadapi agenda internasional tingkat Asia yang akan diselenggarakan di Jepang dalam dua tahun mendatang.

Program persiapan ini mencakup berbagai kebutuhan untuk memastikan atlet tetap berada dalam performa terbaik mereka.

Dengan visi jangka panjang dan strategi matang, tim panjat tebing Indonesia siap menghadapi tantangan berikutnya. Saksikan perjalanan mereka dan dukung terus atlet-atlet kebanggaan bangsa dalam meraih sukses di berbagai kompetisi mendatang

"Tim pelatih mempersiapkan segala kebutuhan untuk Asian Games Nagoya 2026," kata Hendra kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut dia membeberkan, sembari persiapan menuju ajang bergengsi itu, keempat atlet yang berjuang di Olimpiade tahun ini juga akan kembali ke daerahnya masing-masing, guna bersiap untuk bertarung dalam PON XXI, pada September mendatang.

"Setelah Olimpiade ini, teman-teman atlet fokus untuk mempersiapkan diri mereka mewakili daerah masing-masing di PON XXI Aceh-Sumut," ujar dia yang saat ini masih mendampingi para atlet di Paris, Prancis.

Hendra menambahkan, program persiapan Asian Games masih akan dibahas lebih lanjut oleh tim pelatih, sedangkan untuk PON akan dikembalikan ke pelatih masing-masing provinsi.

Dalam Olimpiade Paris 2024, Indonesia mengirimkan empat atlet andalan untuk mengikuti nomor speed, yaitu Veddriq Leonardo dan Rahmad Adi Mulyono dalam kategori putra, serta Rajiah Salsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi untuk kategori putri.

Keikutsertaan keempat atlet tersebut merupakan momentum bersejarah. Sebab, untuk kali pertama cabang olahraga panjat tebing nomor speed dipertandingkan di Olimpiade dan Indonesia langsung mengisi empat kuota penuh untuk kategori tersebut.

Sementara untuk mengikuti PON tahun ini, Veddriq diproyeksikan mewakili Provinsi Kalimantan Barat dan Rahmad menjadi bagian dari Jawa Timur.

Sedangkan Desak Made mewakili Provinsi Bali dan kompatriotnya menjadi bagian dari kontingen Banten.***

 

Berita Terkait