DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Gak Perlu Lagi Ribet Ingat Password! Fitur Passkey Kini Tersedia di X untuk Android

image
Simak cara mengaktifkan passkey di X. (Freepik)

ENTERTAINMENTABC.COM - Platform media sosial X baru saja mengumumkan kabar gembira fitur Passkey kini resmi tersedia untuk pengguna Android.

X menginformasikan bahwa opsi login ini telah mulai diluncurkan di perangkat Android.

Passkey, yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna iOS di Amerika Serikat pada Januari lalu dan kemudian diperluas ke seluruh dunia pada April, kini mempermudah login dengan cara yang lebih aman dibandingkan dengan password tradisional.

Teknologi ini sudah digunakan oleh berbagai aplikasi populer seperti PayPal, TikTok, dan WhatsApp.

Passkey adalah inovasi yang diinisiasi oleh Google, Apple, Microsoft, dan FIDO Alliance, serta didukung oleh World Wide Web Consortium.

Teknologi ini dirancang untuk menghapus kebutuhan akan password dengan menyediakan metode login yang lebih aman dan efisien di berbagai perangkat, sistem operasi, dan peramban web.

Berbeda dengan metode login konvensional yang bergantung pada kombinasi nama pengguna dan password, Passkey memanfaatkan otentikasi biometrik seperti Face ID atau Touch ID, PIN, atau kunci otentikasi fisik.

Ini berarti, untuk login, kamu hanya perlu satu langkah dengan otentikasi yang sudah terintegrasi, yang menggabungkan manfaat dari otentikasi dua faktor (2FA) menjadi satu proses yang lebih cepat dan aman.

Cara Mengaktifkan Passkey di X

Meskipun pengguna X masih diwajibkan untuk membuat password saat mendaftar akun, fitur Passkey kini mempermudah proses login setelah akun dibuat.

Setelah membuka aplikasi X, kamu bisa mengaktifkan Passkey dengan cara masuk ke tab "Security" dan memilih opsi "Additional password protection".

Dengan Passkey, login menjadi lebih praktis dan aman, tanpa perlu mengingat password yang kompleks.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur ini dan rasakan kemudahan login dengan teknologi terbaru dari X.***

Berita Terkait