DECEMBER 9, 2022
Otomotif

GR Supra GT4 EVO2: Mobil Balap Terbaru Toyota Siap Menggebrak Lintasan dengan Teknologi Terbaru

image
Tampilan GR Supra GT4 EVO2 siap debut di tahun 2025. (Toyota)

ENTERTAINMENTABC.COM - Toyota Gazoo Racing (TGR) baru saja membuka pesanan untuk model terbaru mereka, GR Supra GT4 EVO2, sejak Kamis 22 Agustus 2024.

Mobil balap GR Supra GT4 EVO2 tidak hanya memperkenalkan peningkatan kinerja dan keandalan, tetapi juga menyempurnakan aspek pengoperasian berdasarkan umpan balik dari tim balap dan pembalap di seluruh dunia.

GR Supra GT4 EVO2 menawarkan berbagai peningkatan signifikan dari versi sebelumnya, yang telah diperbarui untuk musim 2023.

Fitur utama termasuk sistem pengereman yang ditingkatkan, pengendalian yang lebih responsif, dan performa mesin yang lebih optimal.

Dengan pembaruan ini, GR Supra GT4 EVO2 menjadi lebih mudah dikendarai, bahkan untuk pengemudi dari berbagai tingkat keahlian.

Setelah pembaruan ini, TGR terus melakukan perjalanan ke sirkuit balap di berbagai belahan dunia.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan umpan balik langsung dari pembalap dan tim balap, sebuah pendekatan yang memungkinkan mereka mengumpulkan informasi berharga hanya dari kondisi balap ekstrem.

TGR mengutamakan pendekatan "pembuatan mobil yang mengutamakan pengemudi" dalam pengembangan GR Supra GT4 EVO2. Mobil ini direncanakan untuk debut pada awal musim 2025 dengan peningkatan kinerja, keandalan, dan pengoperasian yang lebih baik. 

Salah satu pembaruan utama termasuk penyetelan ulang peta ABS. Peningkatan ini dilakukan melalui pengemudian oleh berbagai pengemudi di sirkuit Jepang dan Eropa.

Hasilnya adalah pengereman dan menikung yang lebih optimal, tergantung pada jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan.

Selain itu, waktu penurunan gigi kini lebih cepat berkat pembaruan perangkat lunak yang menyempurnakan pencocokan putaran. Pembaruan ini meningkatkan kontrol perlambatan selama pengereman, sehingga memperbaiki kecepatan menikung.

TGR juga meningkatkan sistem pendinginan mesin, rem, dan drivetrain untuk memastikan suhu kokpit tetap optimal.

Dengan perbaikan ini, GR Supra GT4 EVO2 menjadi lebih nyaman dikendarai bahkan dalam kondisi yang menantang, membantu pembalap mempertahankan tingkat kinerja tinggi.

GR Supra GT4 EVO2 direncanakan memulai debut dunianya pada Januari 2025 di putaran pertama IMSA Michelin Pilot Challenge, bersamaan dengan 24 Hours of Daytona.

Penjualan dan dukungan pelanggan untuk model ini akan dikelola oleh TOYOTA GAZOO Racing Europe GmbH di Eropa, TRD U.S.A., Inc. di Amerika Utara, dan Toyota Customizing and Development Co, Ltd di Jepang dan Asia (kecuali Tiongkok).

Toyota Motor (China) Investment Co, Ltd akan menangani penjualan di Tiongkok.

Sejak peluncuran GR Supra GT4 pada tahun 2020, model ini telah terjual lebih dari 120 unit.

Mobil ini telah meraih kemenangan di seri balap GT4 dan balapan internasional di 11 negara, mencapai lebih dari 500 podium, dan menjadi juara kelas di Asia, Amerika Serikat, dan Eropa.***

Berita Terkait