DECEMBER 9, 2022
News

Scholas Occurentes yang Dikenalkan Paus Fransiskus Kini Hadir di Indonesia, Ini Cara Mereka Ubah Pendidikan Kaum Muda

image
Proses pembuatan karya seni hati indonesia. (Instagram/@scholasoccurrentes)

ENTERTAINMENTABC.COM- Scholas Occurentes adalah sebuah gerakan pendidikan internasional yang diperkenalkan secara luas oleh Paus Fransiskus pada tahun 2013.

Tujuan didirikan Scholas Occurentes  ini, yaitu untuk mengubah kehidupan kaum muda dengan pendidikan yang inovatif dari gabungan antara teknologi, seni dan olahraga.

Bersamaan dengan misi yang ada, Scholas Occurentes memulai keterlibatannya di Indonesia.

Baca Juga: Lomba Esai untuk Lukisan Paus Mencuci Kaki Rakyat Indonesia

Dengan mempunyai visi yaitu Menciptakan Budaya Perjumpaan dan Menyatukan Kaum Muda dalam Pendidikan yang Bermakna.

Adapun Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya menjadi komitmen bagi gerakan ini untuk mengembangkan makna budaya perjumpaan.

Adanya pencapaian dalam karya seni kolektif sebelumnya di Portugal, Scholas memulai tantangan barunya dalam konteks artistik di Indonesia.

Baca Juga: 3 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta dan Spirit Keberagaman

Dengan menyelenggarakan proyek yang dinamakan Hati Polyhedron ini bertujuan untuk menciptakan patung yang akan melambangkan keragaman budaya.

Pada setiap sisi dari Hati Polyhedron ini akan mencerminkan berbagai kisah dari para peserta yang ikut andil dalam proyek ini.

Selain itu, jumlah peserta pada proyek ini berjumlah sekitar 1500 orang dari berbagai program pendidikan hingga para narapidana dari tiga fasilitas penjara.

Baca Juga: Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia: Pertemuan Diplomasi dan Spiritual 

Diharapkan, karya ini akan menjadi sebuah cerminan dari semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu.***

Penulis: Atthoriq Aziz

Berita Terkait