DECEMBER 9, 2022
Otomotif

Bahaya Oli Motor Kering, Inilah Dampak Serius Terhadap Mesin dan Resiko Kerusakannya

image
Ilustrasi pengecekan kadar oli motor di dalam mesin. (Pexels/@andreapiacquadio)

ENTERTAINMENTABC.COM - Oli motor memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kinerja tetap stabil pada mesin sepeda motor.

Meskipun banyak pengendara yang sudah memahami akan pentingnya mengganti oli secara rutin, masih ada yang mengabaikan tanda-tanda oli motor yang mulai habis atau bahkan kering.

Adapun tindakan ini bisa berpengaruh terhadap kondisi oli motor dengan menimbulkan berbagai risiko serius yang tidak hanya berdampak pada mesin, tetapi juga pada keselamatan pengendara. 

Baca Juga: Mobil Tercanggih di Indonesia saat Ini Hadir dengan Teknologi Terdepan, Intip Kendaraan dan Spesifikasi Lengkapnya

Berikut adalah beberapa hal yang terjadi akibat oli motor dibiarkan kering, yaitu: 

1. Peningkatan Jumlah Gesekan Antar Komponen Mesin

Oli berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin.

Baca Juga: Inilah Kesalahan Fatal Saat Memanaskan Mobil yang Masih Banyak Dilakukan! Jangan Buat Mesinmu Cepat Rusak

Ketika oli mulai kering, proses pelumasan menjadi terhambat sehingga menyebabkan gesekan antar logam di dalam mesin yang meningkat drastis.

Gesekan yang berlebihan ini bisa memicu panas berlebih yang akan menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen penting seperti piston dan dinding silinder.

2. Kerusakan Serius pada Mesin

Baca Juga: Pentingnya Rutin Ganti Oli: Tips Perawatan Mesin dari Eneos untuk Performa Maksimal Kendaraan Anda

Adanya kondisi oli yang kering bisa menyebabkan kerusakan mesin yang serius dan sulit untuk diperbaiki.

Karena Gesekan dan panas yang tidak terkendali, bisa menyebabkan komponen piston macet atau bahkan meleleh, poros engkol bengkok, sampai mengalami kerusakan total pada mesin kendaraan.

Dan pada masalah ini, perbaikan mungkin tidak lagi cukup dan penggantian mesin secara keseluruhan bisa menjadi satu-satunya solusi.

Baca Juga: GR Supra GT4 EVO2: Mobil Balap Terbaru Toyota Siap Menggebrak Lintasan dengan Teknologi Terbaru

3. Resiko Kecelakaan dan Keamanan Pengendara.

Selain berdampak pada mesin, kondisi oli yang kering juga dapat membahayakan keselamatan pengendara. 

Adanya kasus ketika mesin yang tiba-tiba mati atau macet di tengah jalan karena panas bisa menyebabkan kecelakaan, terutama jika terjadi saat berkendara di jalan raya dengan kecepatan tinggi. 

Merawat kondisi oli motor menjadi suatu keharusan bagi setiap pengendara untuk menjaga kinerja optimal mesin dan keselamatan berkendara.

Jangan menunggu hingga oli benar-benar kering karena akibatnya akan sangat merugikan baik dari sisi kesehatan mesin maupun resiko keselamatan. 

Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi oli secara rutin dan menggantinya sesuai jadwal yang dianjurkan agar kendaraan tetap dalam kondisi prima dan aman digunakan.***

Penulis: Atthoriq Aziz

Berita Terkait