DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Inilah Doa yang sering Diamalkan dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Lengkap dengan Artinya

image
Doa yang sering dibaca saat peringatan maulid nabi Muhammad SAW. (PEXELS)

ENTERTAINMENTABC.COM - Bagi setiap umat muslim peringatan maulid Nabi Muhammad SAW menjadi hari yang dinantikan. 

Dihari itu setiap orang dalam peringatan maulid nabi Muhammad SAW dengan tradisi yang sudah diajarkan sejak lama dari setiap wilayah masing-masing. 

Membaca doa menyambut maulid nabi menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dibaca sebagai bentuk kegembiraan dan kecintaan dalam peringatan mauli nabi Muhammad SAW. 

Berikut ini doa menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa kamu amalkan di tanggal 12 Rabiul Awal. 

للَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي خَاتِمَةِ شَهْرِنَا هذَا ، وَأَقْدِمْ عَلَيْنَا رَبِيع الْأَوَّلِ بِصَلَاحِ الْبِلَادِ وَالْعِبَادِ وَدَفْعِ الْبَلَاءِ وَالْفَسَادِ وَتَفْرِيجِ كَرْبِ أمَّةِ حَبِيبِك مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْخَافِي وَالْبَادِ ، يَاكَرِيمْ يَاجُوادْ 

Artinya : 

Ya Allah berkahilah kami di pengujung bulan (Safar) ini dan datangkanlah kepada kami bulan Rabiul Awal dengan diberi kebaikan kepada negara dan orang-orang di dalamnya. 

Diangkatkan bala dan kerusakan dan hilangkanlah kesedihan, kesusahan umat Nabi Muhammad SAW yang tersembunyi atau yang terlihat, wahai yang Maha Mulia dan Maha Dermawan.

Doa ini tersebut ada dalam Kitab Bughyatu Thalib fi Safinah karya Habib Ali bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib bin Ali bin Hasan Al Athas. 

Sebagai umat muslim mengamalkan doa tersebut sangat penting, selain sebagai bentuk kegembiraan dengan membaca doa tersebut kamu akan mendapat pahala. 

Lebih lanjut ada juga beberapa doa yang mudah untuk kamu ucapkan bila doa tersebut terlalu banyak, yaitu membaca doa Sholawat singkat sebagai berikut. 

للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Artinya : 

Ya Allah berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

Sholawat tersebut menjadi doa yang pendek dan mudah diucapkan oleh siapapun, kamu bisa membacanya sebanyak mungkin agar memperoleh syafaat di yaumil kiamah dan memperoleh pahala yang berlipat. 

Itulah sederet doa menyambut maulid nabi yang bisa kamu ucapkan dan diterapkan bukan hanya di hari kelahiran nabi Muhammad tapi di kehidupan sehari-hari juga. 

Gunakan hari peringatan maulid nabi Muhammad SAW dengan banyak melakukan kebaikan dan sembari mengingat bagaimana dakwah beliau dalam peradaban dunia.***

Penulis : Atikah 

Berita Terkait