DECEMBER 9, 2022
Movie

Asal Usul Poneglyph Terungkap Misteri, Kunci Untuk Mendapatkan Harta Karun One Piece dan Kaitan

image
nico robin setelah membaca salah satu poneglyph di Skypiea. (X/@RoneSpeak)

ENTERTAINMENTABC.COM - Poneglyph adalah sebuah artefak yang menyimpan berbagai macam misteri dalam dunia One Piece.

Adapun misteri yang tercetak dalam Poneglyph sebagian besar diketahui berisi tentang rahasia abad kekosongan dan catatan perjalanan dari seorang Joy Boy.

Di sisi lain, Poneglyph juga berisi mengenai petunjuk bagi seseorang yang ingin mencapai pulau terakhir dalam dunia One piece yaitu pulau Laugh Tale.

Baca Juga: Teori Konspirasi One Piece, Apa Benar Im Sama dalah Wakil Kapten Joy Boy? Simak Penjelasannya

Hal ini dibuktikan dengan adanya salah satu jenis Poneglyph yaitu Road Poneglyph yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Eiichiro Oda sang mangaka sering menghadirkan sesuatu dalam karyanya yang terinspirasi dari dunia nyata termasuk mengenai asal-usul Poneglyph.

Meskipun diketahui bahwa klan Kozuki lah pembuat dari Poneglyph, banyak sekali teori menarik yang beredar mengenai asal-usul dari artefak bersejarah tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Empat Yonkou Terkuat di Dunia One Piece, Siapa Saja Mereka yang Menguasai Lautan?

Dalam teori tersebut diyakini bahwa sang mangaka terinspirasi dari bajak laut di dunia nyata yaitu Oliver Levasseur.

Sehubungan dengan itu, Levasseur terkenal sebagai bajak laut dengan sebuah pesan misterius pada sebuah kalung yang dia kenakan saat proses eksekusinya.

Disamping itu, tulisan yang digunakan oleh Levasseur hanya bisa dibaca menggunakan teknik Pigpen Cipher untuk memecahkan kode tersebut.

Baca Juga: Profil York Satelit Vegapunk dalam One Piece, Si Pengkhianat Utama dalam Arc Egghead

Selain itu, Pigpen Cipher seringkali dikaitkan dengan Freemason, sebuah organisasi rahasia yang ada di dunia nyata.

Pada awal terbentuknya Freemason, anggota yang tergabung dalam organisasi tersebut kebanyakan seorang pengrajin dan pemahat batu.

Terlihat pada salah satu simbol dalam Freemason dianggap mirip dengan simbol yang dipakai oleh klan Kozuki.

Baca Juga: Fakta Unik Pasukan Revolusioner, Musuh Utama Pemerintah Dunia dalam Cerita One Piece 

Pada arc Zou, Poneglyph sempat dijelaskan oleh Nekomamushi bahwa klan Kozuki sudah mengukir Poneglyph selama berabad-abad berisi dokumen yang tidak bisa dihancurkan.

Disisi lain, Robin menjelaskan bahwa keahlian klan Kozuki dalam membuat Poneglyph dikarenakan mereka adalah para pengrajin batu yang dikenal dengan karya ukiran mereka.

Adanya hubungan antara klan Kozuki, suku Mink dan keluarga Nefertari menciptakan spekulasi bahwa mereka membangun sebuah perkumpulan atau organisasi rahasia di dunia One Piece.

Jadi, Poneglyph menjadi sebuah media untuk menyampaikan pesan dari klan Kozuki, Nefertari dan suku Mink terkait peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Sama halnya dengan Levasseur, pesan yang disampaikan menggunakan bahasa tertentu agar isi dari pesan hanya bisa diketahui oleh orang yang bisa menerjemahkannya.

Selain peristiwa di masa lalu, Poneglyph berisi penjelasan mengenai harta karun terbesar yaitu One Piece.

Dengan alasan ini, para ilmuwan Ohara dan dokter Vegapunk berusaha mempelajari tentang Pigpen Cipher yang digunakan untuk menerjemahkan dan mengetahui rahasia abad kekosongan yang tercetak diatas Poneglyph.***

Penulis: Atthoriq Aziz

Berita Terkait