DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

Tips Memilih Waktu Efektif untuk Belajar, bisa Tingkatkan Pemahaman dan Produktivitas

image
Panduan tips memilih waktu efektif untuk belajar. (PIXABAY)

ENTERTAINMENTABC.COM - Banyak orang binggung akan memilih waktu yang efektif untuk belajar agar materi yang dipelajari dapat dipahami dengan mudah. 

Selain memilih waktu efektif belajar kamu juga harus memahami waktu tersebut cocok dilakukan untuk kegiatan yang seperti apa. 

Memahami kapan waktu efektif belajar  sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas belajar.

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa, Inilah Cara Efektif Mengatur Kuliah dan Aktivitas

Berikut tips memilih waktu efektif belajar serta kegiatan belajar yang cocok di waktu tersebut  agar kamu dapat memahami materi dengan baik.

  1. Pagi Hari Otak Segar dan Fokus Lebih Tinggi

Bagi banyak orang, pagi hari adalah waktu yang paling ideal untuk belajar setelah istirahat malam yang cukup.

Baca Juga: Inilah Beberapa Tips Produktif di Luar Lingkungan Kampus Ala Mahasiswa Kupu-Kupu

Pada keadaan ini otak berada dalam kondisi yang segar, sehingga lebih mudah untuk fokus dan menyerap informasi baru. 

Biasanya, kemampuan memori dan pemrosesan informasi berada di pagi hari, yang bisa membuat aktivitas belajar lebih produktif, dimana otak kita bekerja optimal antara pukul 9 hingga 11 pagi.

  1. Siang Hari Waktu Tepat untuk Review Materi

Baca Juga: Tips dan Trik Jago Public Speaking Ala Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon 

Selanjutnya waktu di siang hari adalah waktu yang baik untuk mengulang materi atau mereview informasi yang sudah dipelajari. 

Pada siang hari, tubuh dan pikiran cenderung mulai lelah, sehingga ini bukan waktu terbaik untuk menyerap materi baru. 

Namun, ini adalah waktu yang baik untuk memperkuat apa yang sudah dipelajari dengan melakukan latihan soal atau review.

  1. Baca Juga: Tips Menulis Catatan Kuliah Ala Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon 

    Sore Hari Waktu Optimal untuk Aktivitas Praktis

Sekitar pukul 3 hingga 5 sore, adalah waktu yang baik untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih praktis, seperti eksperimen, diskusi kelompok, atau tugas-tugas yang memerlukan keterampilan fisik. 

Pada saat ini, kemampuan otak untuk berpikir kreatif dan menyelesaikan masalah cenderung meningkat, sehingga ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mempraktikkan teori yang sudah dipelajari.

  1. Malam Hari Refleksi dan Persiapan untuk Esok Hari

Belajar pada malam hari juga sangat efektif, terutama jika digunakan untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari sepanjang hari. 

Menulis catatan, membaca kembali materi, atau merencanakan agenda belajar untuk esok hari bisa menjadi cara yang baik untuk menutup hari. 

Pada malam hari, otak kamu lebih rileks, sehingga lebih mudah untuk menyerap informasi dalam suasana yang tenang.

  1. Durasi Belajar yang Efektif

Selain menentukan waktu yang tepat, durasi belajar juga penting, belajar dalam waktu lama tanpa jeda dapat menurunkan konsentrasi dan daya ingat. 

Sebaiknya, belajar dilakukan dalam sesi singkat, misalnya 25-30 menit, diikuti dengan istirahat singkat selama 5-10 menit, cara ini bertujuan untuk menjaga fokus dan produktivitas belajar.

  1. Pentingnya Istirahat yang Cukup

Untuk menjaga efektivitas belajar, istirahat yang cukup tak kalah penting, jika kamu kurang tidur atau kelelahan dapat menurunkan daya ingat dan kemampuan konsentrasi. 

Tidur yang berkualitas membantu otak memproses dan menyimpan informasi yang sudah dipelajari sepanjang har, jangan abaikan pentingnya tidur saat merencanakan waktu belajar.

Pada akhirnya selain memilih waktu efektif belajar kamu juga harus memahami waktu tersebut tepat untuk melakukan kegiatan apa saja.

Selain kamu akan lebih produktif dengan menentukan waktu untuk belajar, kamu juga harus memahami kondisi tubuh jangan sampai belajar terus menerus membuatmu tidak mendapat ilmu malah sakit yang didapat.***

Penulis  Atikah 

Berita Terkait