DECEMBER 9, 2022
News

PDI Perjuangan Resmi Usung Tri Rismaharini dan Gus Han di Pilkada Jatim 2024! Ini Alasan Kuat di Balik Keputusan Mereka

image
Risma dan Gus Hans akan ramaikan Pilkada Jatim 2024. (Antara)

ENTERTAINMENTABC.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, mengumumkan langkah besar partainya untuk Pilkada Jatim 2024.

PDI Perjuangan telah memutuskan untuk mengusung Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asad, yang akrab disapa Gus Han, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Pendaftaran ini menandai langkah strategis PDI Perjuangan untuk menghadapi kompetisi politik di Jatim.

“Hari ini pasangan Risma-Gus Han akan kami daftarkan secara resmi di KPU Jawa Timur,” ujar Said Abdullah.

Menurut Said, pasangan Risma dan Gus Han dianggap saling melengkapi dari segi nasionalis dan religius.

“Risma representasi nasionalis, sedangkan Gus Han mewakili santri. Mereka mewakili corak kultural di Jawa Timur,” katanya. Kombinasi ini dimaksudkan untuk menghadirkan keseimbangan antara nasionalisme dan religiusitas dalam kepemimpinan daerah.

Said juga menekankan bahwa pasangan ini memenuhi kriteria keberagaman usia dan latar belakang karier.

“Bu Risma mewakili kaum perempuan dan berpengalaman dalam jabatan publik, sedangkan Gus Han adalah anak muda yang mewakili intelektualitas,” jelas Said.

Dia optimistis bahwa pasangan ini akan membawa perubahan positif dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan.

Said menyoroti masalah kemiskinan di Jawa Timur yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional, dengan angka kemiskinan mencapai 9,79% dibandingkan 9,03% secara nasional.

Dia berharap pengalaman Risma dalam membenahi Surabaya dan kiprahnya sebagai Menteri Sosial dapat membantu menurunkan angka kemiskinan di Jatim dengan lebih cepat.

Said juga berharap agar Pilkada 2024 berlangsung secara jujur, adil, dan demokratis.

“Jangan lagi kita memilih pemimpin hanya karena sembako atau uang. Pilihlah pemimpin yang memiliki rekam jejak baik, berprestasi, dan jujur,” tegasnya.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga telah resmi mengusung pasangan Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Hakim sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jatim.

Mereka telah melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan pada Rabu (29/8) dan berencana mendaftar ke KPU Jatim pada Kamis.

Pasangan Risma-Gus Han dan Luluk-Lukmanul akan bersaing dengan pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, yang telah mendaftar ke KPU pada Rabu pagi.

Khofifah-Emil didukung oleh 15 partai politik, termasuk delapan parpol parlemen dan tujuh parpol nonparlemen.

Pilkada Jatim 2024 dipastikan akan menjadi ajang pertarungan politik yang sengit dan penuh warna, dengan berbagai calon yang menawarkan visi dan program mereka untuk masa depan Jawa Timur.***

Berita Terkait