DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

Ingin Transformasi Kulit Glowing? Ikuti Tips Perawatan Kulit Wajah untuk Semua Jenis Kulit 

image
Tips perawatan kulit wajah untuk semua jenis kulit. (STOCKSNAP)

ENTERTAINMENTABC.COM - Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda dan bisa berubah seiring bertambahnya usia.

Jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, polusi juga kebiasaan tertentu seperti merokok, mengkonsumsi alkohol. 

Kebiasaan yang buruk dan kurangnya perawatan wajah dapat membuat jenis kulit berubah sering waktu, untuk memiliki kulit yang sehat dan glowing tentunya kamu harus mengetahui perawatan wajah  untuk setiap jenis kulit kamu. 

Baca Juga: Inilah Tips Merawat Kulit Wajah yang Ramah di Kantong Namun Tetap Efektif

Untuk memiliki kulit glowing tentunya butuh usaha ekstra agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Memakai skincare saja tidak cukup untuk mendapatkan kulit wajah yang bagus perlu adanya pengetahuan lebih dahulu sebelum kamu melakukan perawatan kulit apakah kulit wajah kita kering, normal, sensitif atau yang lainnya. 

Karena memiliki kulit yang sehat, bersih dan glowing merupakan idaman setiap orang dengan begitu perlu adanya perawatan wajah agar kamu lebih percaya diri.

Baca Juga: Curhatan Cut Intan Nabila Tulis Pesan Pilu dan Ucapan Perpisahan Usai Mengalami KDRT Armor Toreador

Berikut tips perawatan wajah untuk semua jenis kulit yang bisa kamu terapkan. 

  1. Perawatan Jenis Kulit Normal 

Perawatan wajah jenis ini cukup mudah kamu hanya perlu melakukan perawatan seperti biasa.

Baca Juga: Ingin Wajah Glowing? Hindari 6 Kesalahan agar Mendapatkan Kulit Bersinar

Gunakan sabun pembersih wajah yang memiliki bahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlalu kasar.

Kamu juga bisa membilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut 

  1. Perawatan Jenis Kulit Kering 

Untuk perawatan wajah kulit kering kamu perlu gunakan pembersih wajah dengan bahan yang mampu melembabkan kulit wajah, seperti emolien dan hindari produk yang mengandung alkohol atau pewangi. 

Setelah itu gunakan pelembab agar kulit tidak mudah kering, kamu juga harus menghindari terlalu lama mandi atau mencuci muka dengan air panas. 

  1. Perawatan kulit wajah berminyak.

Ada berbagai cara untuk merawat kulit wajah berminyak, salah satunya dengan mencuci muka secara rutin 2 kali sehari dengan sabun cuci muka yang mengandung gliserin.

Kamu bisa menggunakan produk lain yaitu astringent atau toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan asam glikolat.

Selain itu, pilihlah produk kosmetik dengan kandungan air dan berlabel noncomedogenic yang tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. 

Kamu juga bisa melakukan perawatan wajah dengan bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker wajah, antara lain madu, lidah buaya, tomat, dan minyak jojoba.

Selain beberapa cara di atas, jenis kulit wajah berminyak juga sebaiknya menghindari makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan dengan kadar gula tinggi.

  1. Perawatan kulit wajah kombinasi

Cara terbaik untuk merawat kulit wajah kombinasi adalah dengan menggunakan produk pembersih dan pelembab yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi.

Produk ini mampu mengurangi kadar minyak di daerah zona T sekaligus melembabkan area pipi. Kamu  juga rutin membersihkan wajah 2 kali sehari.

Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

  1. Perawatan kulit wajah sensitif

Perawatan kulit wajah sensitif bisa dilakukan dengan mengetahui pemicu yang menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Gunakan sabun wajah berbahan lembut dan bilaslah dengan air hangat.

Kamu juga jangan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam, dan pewangi karena bahan-bahan tersebut mudah menyebabkan iritasi wajah.

Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol, dan gandum.

Cara perawatan kulit di atas sebaiknya juga disertai dengan pola hidup sehat, dengan cara konsumsi makanan bernutrisi, banyak minum air putih, batasi konsumsi alkohol, dan berhenti merokok.***

Penulis : Atikah 


 

Berita Terkait