DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Temukan Varian Ramen dengan Rasa Unik yang Wajib Masuk Wishlist Kuliner Kamu Sekarang

image
Simak rekomendasi rasa Ramen lainnya yang bakal bikin ketagihan. (STOCKSNAP )

ENTERTAINMENTABC.COM - Ramen merupakan kuliner asal Jepang yang masih eksis sampe sekarang, kuliner dengan bahan utama mie ini memiliki rasa yang enak.

Bahkan ramen telah menjadi kuliner yang mendunia, hampir semua orang mengenal kuliner asal negeri sakura ini. 

Untuk kamu pecinta kuliner dan ingin menemukan kuliner baru bisa sesekali mencoba ramen yang sudah tersebar di setiap wilayah dengan banyaknya varian jenis yang ditawarkan. 

 Berikut beberapa rekomendasi jenis ramen yang bisa kamu cicipi, yaitu

  1. Shoyu Ramen 

Jenis ramen ini menggunakan bumbu sesuai dengan namanya yaitu shoyu, yang mana sejenis kecap asin khas Jepang. 

Dalam pembuatannya ramen jenis ini diracik khusus untuk memberikan cita rasa yang cocok untuk sajian ramen.

Ramen ini merupakan ramen yang sangat umum dengan bahan dasar kuah kaldu ayam dan bumbu utama shoyu memiliki rasa asin dan gurih, hingga kini jenis ramen yang satu ini memiliki banyak modifikasi. 

  1. Shio Ramen

Shio Ramen termasuk salah satu jenis ramen yang memiliki cita rasa cukup ringan dan tidak terlalu berat. 

Jenis ramen ini memiliki kuah berwarna bening dan cenderung  tidak berminyak dengan bahan dasar kaldu ayam.

Namun, tak jarang jika jenis ramen satu ini juga menggunakan kaldu dari daging babi ataupun kaldu seafood, bahkan kaldu sayuran.

Di Jepang sendiri, sajian Shio Ramen menjadi salah satu jenis ramen yang cukup populer dan sangat mudah ditemukan.

  1. Miso Ramen 

Miso Ramen adalah jenis ramen yang disajikan dengan kuah berbumbu miso.

Miso sendiri merupakan bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, atau campuran keduanya dengan garam. Miso ramen memiliki kuah yang pekat dan kental. 

  1. Tonkotsu Ramen 

Ramen satu ini memiliki kuah yang pekat serta tekstur yang lebih kental, ramen ini dikenal dengan pembuatannya yang tidak mudah dimana kuah kaldu babi yang dimasak berjam-jam dengan berbagai bumbu untuk menghasilkan rasa dan tekstur kuah ramen yang pas. 

  1. Paitan Ramen 

Paitan Ramen hampir menyerupai Tonkotsu Ramen, Yang menjadi pembedanya adalah penggunaan kaldu ayam sebagai pengganti kaldu babi. 

Secara tekstur, jenis ramen satu ini juga memiliki kuah kental dan bercita rasa kuat dengan ciri khas warna putih pekat.

  1. Tsukemen

Jenis ramen ini cukup unik terutama dalam hal penyajiannya  yang berbeda dengan sajian ramen lainnya, mie ramen jenis ini disajikan terpisah dari kuahnya dan disantap dengan cara mencelupkan mie ke dalam kuah seperti saus cocolan.

Mie yang digunakan umumnya merupakan mie dingin dan kuah yang digunakan bisa cukup beragam, namun yang paling umum digunakan adalah kaldu ‘Dashi’ dengan cita rasa yang kuat.

  1. Tantan ramen

Terkenal akan cita rasanya pedas, sajian ramen ini memiliki kuah creamy dengan bumbu-bumbu utama seperti pasta wijen, chili oil, hingga doubanjiang. 

Jenis ramen satu ini sangat cocok bagi anda pecinta kuliner pedas, pada  umumnya tantan ramen disajikan bersama topping berupa daging ayam atau daging babi giling yang juga memiliki cita rasa pedas

Inilah rekomendasi ramen yang bisa kamu cicipi, pada umumnya isian ramen yaitu mie dengan kaldu gurih, irisan daging, sayuran dan toping lainnya sesuai dengan daerah atau negara dimana kamu mencoba ramen.***

Penulis: Atikah 

Sumber: Japanese Store

Berita Terkait