DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

10 Macam Rempah Indonesia sebagai Bumbu Masakan Wajib Kamu Tahu yang Sedang Belajar Memasak  

image
macam-macam rempah Indonesia sebagai bumbu masakan. (Kemenparekraf)

ENTERTAINMENTABC.COM - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah terbesar di dunia, sehingga banyak yang tertarik akan hasil alam yang satu ini. 

Dimana rempah-rempah memiliki poin penting pada makanan, setiap makanan yang kamu masak pasti membutuhkan bumbu untuk menambah cita rasa. 

Setiap daerah di Indonesia memiliki rempah-rempah yang berbeda-beda, yang digunakan sebagai bumbu untuk menambah kelezatan makanan.

Baca Juga: Intip 5 Fakultas Serta Prodi di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Apakah ada Jurusan Impianmu ? 

Berikut macam-macam rempah Indonesia pada makanan khas yang harus kamu ketahui, yaitu:

  1. Kunyit

Kunyit biasanya ada dalam masakan seperti opor, gulai, hingga soto yang mana sebagai pewarna alami pada  makanan tersebut. 

Baca Juga: Apa saja Jalur Masuk UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon? Simak Penjelasannya 

Selain memberikan warna kuning alami, kunyit juga dikenal memiliki manfaat kesehatan, seperti sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

  1. Jahe 

Rempah yang satu ini sering digunakan dalam berbagai masakan dan minuman, seperti wedang jahe atau bandrek, yang biasa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. 

Baca Juga: Pusing Ambil Jurusan di UIN Cirebon Siber Syekh Nurjati Cirebon? Inilah Daftar Lengkap Fakultas dan Program Studinya

Selain itu, jahe sering menjadi bahan dalam bumbu masakan pedas atau berbumbu, seperti ayam jahe, nasi goreng, atau berbagai hidangan berbasis kari.

  1. Lengkuas

Sering digunakan dalam makanan rendang, semur, atau tumis, lengkuas memberikan aroma segar yang khas dan mampu menyamarkan bau amis dari bahan-bahan seperti ikan atau daging.

Tak heran bila masakan yang berbau amis sering tidak tercium karena memakai rempah yang satu ini. 

Dalam makanan tradisional, lengkuas sering dipadukan dengan rempah lain seperti serai dan daun salam untuk menciptakan rasa yang kompleks dan menggugah selera.

  1. Kemiri 

Kemiri juga memiliki peran penting dalam masakan Indonesia, terutama untuk menambah kekayaan rasa dan tekstur dalam masakan. 

Biasanya digunakan dalam bumbu dasar, seperti bumbu pecel, sambal, hingga masakan bersantan seperti gulai. 

Biji kemiri harus diolah dengan benar, biasanya disangrai atau digiling, agar menghasilkan rasa yang gurih dan lemak alami yang membuat makanan yang kamu buat  lebih lezat.

  1. ketumbar

Biji ketumbar sama halnya seperti kemiri biasanya  untuk membuat bumbu dasar seperti bumbu kuning atau bumbu rujak.

Ketumbar memberikan rasa sedikit manis dan hangat yang cocok untuk berbagai hidangan daging dan sayuran.

  1. Pala

Pala menjadi salah satu rempah unggulan dari Indonesia, khususnya dari daerah Maluku. 

Rempah ini memiliki aroma kuat dan sering digunakan dalam pembuatan masakan berkuah atau bersantan seperti kari dan sup. 

Selain itu, pala juga digunakan dalam kue-kue tradisional dan minuman,untuk  memberikan aroma hangat yang khas.

  1. Cengkeh

Cengkeh banyak digunakan dalam masakan khas Nusantara, seperti rendang, semur, dan nasi kebuli, karena memiliki aroma yang khas dan kuat. 

Selain sebagai bumbu masakan, cengkeh juga sering digunakan dalam pembuatan rokok kretek dan sebagai bahan dalam minuman tradisional.

  1. serai

Rempah ini sering digunakan untuk memberi aroma segar pada makanan, seperti soto, gulai, hingga masakan dengan menu ikan dan ayam.

Serai juga memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu pencernaan dan mengatasi perut kembung.

  1. Daun salam 

Daun ini sering dimasukkan dalam masakan berkuah atau tumis sebagai pemberi aroma yang khas. 

Daun salam biasanya dipadukan dengan rempah lain seperti lengkuas, serai, dan bawang-bawangan untuk menciptakan aroma yang kompleks dan menambah kelezatan makanan yang dimasak. 

  1. kencur

Kencur sering digunakan dalam pembuatan bumbu urap, pecel, hingga jamu, biasanya makanan yang asalnya dari Jawa menggunakan rempah yang satu ini. 

Rasanya yang pedas dan aromanya yang tajam memberikan karakteristik unik pada makanan yang menggunakannya. 

Selain itu kencur juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan seperti meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah sederet rempah-rempah Indonesia yang ada pada makanan yang kamu makan, untuk kamu yang sedang belajar memasak suatu makanan, rempah-rempah di atas bisa digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. ***

Penulis : Atikah  

Sumber: kemenparekraf.go.id

Berita Terkait