DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Mengenal Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

image
Inilah jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang ada di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. (Instagram/@kpi_uinssc)

ENTERTAINMENTABC.COM - Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu program studi yang menggabungkan ilmu komunikasi modern dengan ajaran agama Islam. 

Hal ini menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa khususnya di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon yang ingin mendalami dunia penyiaran dan jurnalisme berbasis dakwah Islam. 

Dengan adanya kolaborasi antara keilmuan umum dan ajaran agama, jurusan KPI di UIN Syekh Nurjati Cirebon memberikan pemahaman mendalam tentang penyiaran yang mengedepankan etika dan prinsip-prinsip Islam.

Baca Juga: Mengenal Salah Satu Unit Kegiatan Mahasiswa Hay’atu Tahfidzil Qur’an di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Jurusan KPI menghadirkan materi yang berfokus pada cara berkomunikasi, produksi media, hingga pelaksanaan jurnalistik yang disesuaikan dengan ajaran Islam. 

Dengan demikian, seorang mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengembangkan program penyiaran yang tidak hanya informatif tetapi juga sesuai dengan prinsip dakwah. 

Di jurusan ini, mahasiswa diajarkan untuk menciptakan konten media yang bermanfaat bagi masyarakat luas dengan tetap mempertahankan nilai keislaman.

Baca Juga: Kenali Sejarah dan Perkembangan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Adapun salah satu keunggulan dari program studi ini adalah mahasiswa tidak hanya belajar mengenai teknik komunikasi yang baik, tetapi memahami ajaran dan prinsip Islam yang dapat diaplikasikan dalam dunia penyiaran. 

Hal ini diharapkan para lulusan KPI mampu menyampaikan pesan yang tidak hanya informatif namun juga mendidik secara spiritual.

Mahasiswa KPI di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon akan mempelajari berbagai aspek komunikasi termasuk pers dan penyiaran yang semuanya diwarnai dengan nilai-nilai Islam. 

Baca Juga: Mengenal Program Studi PJJ PAI Di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Sebagai Program Unggulan Kampus Siber 

Berikut beberapa mata kuliah yang dihadirkan oleh UIN Suber Syekh Nurjati Cirebon untuk mencapai tujuan mencetak seorang jurnalis yang berlandaskan Islam.

  • Teknik Penyiaran

Mahasiswa belajar cara mengelola dan memproduksi program televisi dan radio yang islami.

Memahami bagaimana menjadi jurnalis yang bertanggung jawab dengan menyampaikan berita yang relevan dan sesuai dengan prinsip-prinsip keislaman.

  • Komunikasi Dakwah

Baca Juga: Berdayakan Masyarakat: Dampak Positif Program Kerja KPI Himpunan Mahasiswa UIN Syekh Nurjati Cirebon

Mahasiswa belajar tentang teknik komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan dakwah.

  • Media Sosial dalam Dakwah

Membahas peran media sosial dalam menyebarkan dakwah Islam kepada khalayak yang lebih luas.

Baca Juga: Kuliner Cirebon: Es Cuing Minuman Tradisional yang Menyehatkan dan Menyegarkan di Cuaca Panas

Selain itu, mahasiswa mendapatkan keterampilan teknis dalam menggunakan peralatan produksi media dan teknologi penyiaran modern. 

Oleh karena itu, jurusan ini menekankan pada etika profesi di bidang penyiaran dan jurnalisme sehingga lulusan diharapkan dapat menjaga integritas dan moralitas saat bekerja di industri media.

Jurusan KPI memberikan kesempatan yang besar bagi mahasiswa yang tertarik di bidang penyiaran dan jurnalisme tentunya dengan sentuhan nilai-nilai Islam.

Dengan begitu, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon memberikan bekal yang kuat bagi mahasiswa untuk berkarir di dunia penyiaran dan jurnalisme yang berlandaskan nilai-nilai Islam. 

Adanya program studi ini tidak hanya mengajarkan kemampuan teknis dalam komunikasi dan penyiaran tetapi juga memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai ajaran Islam dan bagaimana penerapan ajaran agama dalam lingkup industri media. 

Dengan prospek kerja yang luas dan peluang besar untuk menyebarkan pesan positif melalui media jurusan ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin memperdalam kemampuan berkomunikasi dengan menggabungkan ilmu penyiaran dan dakwah Islam.***

Penulis: Atthoriq Aziz

Berita Terkait