DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Museum Santet Cirebon, Destinasi Wisata Horor Milik Ujang Bustomi Cocok untuk Uji Nyali

image
Destinasi wisata horor yang unik milik ujang bustomi di Cirebon, Museum Santet. (Instagram/@kandarstudio)

ENTERTAINMENTABC.COM- Desa Sinarancang Kecamatan Mundu Cirebon terdapat objek wisata horor yang unik bernama Museum Santet yang terkenal dengan nuansa mencekam dan mistis. 

Sesuai namanya, Museum Santet memamerkan berbagai benda yang sangat berkaitan dengan praktek perdukunan lengkap dengan penampakan yang menyeramkan.

Begitu tiba pintu masuk Museum, pengunjung akan disambut oleh deretan patung pocong yang berdiri berjajar di pintu masuk. 

Baca Juga: Tradisi Nadran dan Empal Gentong Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda, Wujud Nyata Upaya Pelestarian Kebudayaan Cirebon

Memiliki tampilan khas berbalut kain putih serta bercak merah di wajah, patung-patung ini memberikan kesan yang sangat mencekam kepada para pengunjung. 

Menariknya, patung-patung tersebut bukan hanya sekedar dekorasi, tetapi berfungsi sebagai tiang penyangga bangunan yang menjadi gerbang masuk menuju museum.

Tidak berhenti sampai disitu, setelah melewati deretan pocong, pengunjung akan menemukan patung anak kecil berkepala plontos yang lebih dikenal dengan sebutan tuyul dalam cerita rakyat Indonesia.

Baca Juga: Kuliner Cirebon: Es Cuing Minuman Tradisional yang Menyehatkan dan Menyegarkan di Cuaca Panas

Terdapat sekitar empat patung tuyul yang berdiri di area ini tentunya menambah kesan mistis yang kuat sebelum pengunjung memasuki area utama museum.

Di titik selanjutnya, terdapat patung seorang wanita dengan selendang hijau, mungkin bagi sebagian orang sosok ini mengingatkan pada wanita mistis yang sering digambarkan mengenakan pakaian seperti itu.

Setelah melewati pintu utama, pengunjung akan dibawa masuk ke area utama Museum Santet. 

Baca Juga: Mengenal Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Di sini, suasana semakin menyeramkan dengan deretan boneka-boneka berwajah seram yang menggantung di berbagai sudut ruangan. 

Adapun perjalanan di dalam museum akan membawa pengunjung menyusuri tangga yang menurun menuju ke sebuah ruangan bawah tanah yang menyimpan benda-benda yang identik dengan praktek perdukunan. 

Di ruangan ini, pengunjung dapat melihat berbagai benda seperti keris dan benda lainnya yang sering dikaitkan dengan praktek supranatural. 

Baca Juga: Rahasia Kerokan Metode Tradisional yang bisa Hapus Semua Rasa Pegal dalam Sekejap, Ini Penjelasan Menurut Dr.Tirta

Tidak hanya itu, di ruangan tersebut juga terdapat patung-patung menyeramkan seperti patung wanita berbaju putih, patung wanita dengan selendang hijau, serta patung tengkorak yang duduk di atas kursi. 

Museum milik Ujang Bustomi ini terletak di dalam kawasan wisata Talaga Langit yang berlokasi di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. 

Menggunakan rute Terminal Harjamukti Kota Cirebon ke Talaga Langit memiliki jarak sekitar 13 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 25 menit tergantung kondisi lalu lintas dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk memasuki area Museum, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 pada hari biasa dan Rp20.000 pada akhir pekan. 

Dengan tiket tersebut, pengunjung tidak hanya dapat menikmati suasana horor di Museum Santet tetapi juga beberapa wahana lainnya yang ada di Talaga Langit. 

Selain itu bagi para pencari spot foto menarik, Talaga Langit menawarkan sejumlah area menarik dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. 

“Dengan harga tiket Rp15.000 sampai Rp20.000 bukan hanya Museum Santet saja yang dapat dikunjungi, melainkan para pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana yang ada di Talaga Langit.

Terlebih lagi, di sini juga ada kolam renang, goa, dan spot selfie tersedia banyak,” ujar manajer wisata Talaga Langit.

Bagi orang yang ingin mencoba sensasi berwisata dengan nuansa mistis dan horor, Museum Santet di Cirebon bisa menjadi pilihan yang menarik. 

Selain mendapatkan pengalaman wisata yang tidak biasa, pengunjung juga bisa menjelajahi berbagai wahana di kawasan wisata Talaga Langit yang tentunya akan membuat liburan bersama keluarga terasa lebih berkesan.***

Penulis: Atthoriq Azi

Berita Terkait